Friday, September 22, 2017
   
Text Size

Site Search

Workshop Keamanan Jaringan "Is the network we use safe and clean?"

Computer Networkworkshop Jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat keras jaringan yang saling terhubung yang memungkinkan untuk berbagi sumber daya dan informasi. Kemampuan untuk saling berbagi informasi dan sumber daya inilah yang terkadang dapat menjadi sasaran bagi orang-orang yang kurang bertanggung jawab. Keberadaan Internet sebagai hasil dari perkembangan jaringan komputer tidak hanya dimanfaatkan untuk membawa perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan ekonomi, tetapi juga dimanfaatkan oleh sebahagian oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang dikenal sebagai hacker, yang berusaha untuk masuk lalu mengambil data ataupun merusak sistem jaringan yang telah ada.

 Pada tanggal 28 Maret 2013, mulai pukul 08.30 s.d 12.30, UNSYIAH-ADOC e-Learning Center bekerja sama dengan HMIF-FMIPA UNSYIAH dan APTIKOM Aceh mengadakan workshop keamanan jaringan dengan tema "is the network we use safe and clean?". Workshop ini mengundang bapak Muhd. Iqbal, S.Si (Staf pengajar Jurusan Informatika UNSYIAH dan Koordinator bidang workshop APTIKOM Aceh) sebagai narasumber dan diikuti oleh lebih dari 30 peserta yang meliputi mahasiswa-mahasiswa dari beberapa universitas yang ada diwilayah Banda Aceh serta staff IT yang ada dilinkungan UNSYIAH.

Workshop ini mengajarkan bagaimana proses seseorang menyerang sebuah jaringan, bagaimana cara untuk mencegah dan mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan software-software yang dijalankan pada OS Windows.

 Beberapa Gambar Kegiatan :